Berita

8th Meeting of ARKN-FCC, Bali 4-6 Maret 2014

2014/03/07 - 01:47 pm

Menindaklanjuti 16th ASOF Meeting yang mencatat pentingnya kelompok bahasan mengenai kehutanan sebagai katalis dalam melanjutkan inisiatif pembangunan hutan berkelanjutan di kawasan ASEAN dan juga adanya kesepakatan untuk melanjutkan penyusunan posisi bersama sebagai masukan bagi UNFCCC di masa depan melalui ASEAN Regional Knowledge Network on Forest and Climate Change (ARKN-FCC), Pusat Standardisasi dan Lingkungan sebagai sekretariat ARKN-FCC bekerjasama dengan ASEAN-German Programme  on Response to Climate Change (GAP-CC) dan dibawah guidance ASEAN Secretariat telah menyelenggarakan the 8th Meeting of ASEAN Regional Knowledge Network on Forest and Climate Change (ARKN-FCC), yang diselenggarakan di Pan Pacific Nirwana Bali Resort – Bali, pada tanggal 4 s.d 6 Maret 2014.

 

Dalam pertemuan kali ini dibahas isu-isu yang relevan sebagai masukan kepada Secretariat of UNFCCC dan sekaligus membahas draft submisi bersama dari negara ASEAN untuk disampaikan kepada ASOF Leader dan National Focal Points melalui ASEAN Secretariat sebagai respon terhadap keputusan SBSTA yang meminta masukan dari negara UNFCCC. Selain itu juga akan dibahas evaluasi pencapaian program kerja ARKN-FCC 2013-2015 dan kegiatan prioritas untuk 2014, review terhadap Decision Support Tools (DST) untuk mengidentifikasi driver deforestasi dan degradasi hutan di kawasan ASEAN, serta review terhadap dokumen proyek “Strengthening ASEAN Mechanism for Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD-Plus)” di bawah ASEAN-Australia Development Cooperation Programme Phase II (AADCP II) 2012-2013.

 



MoU Fasilitasi Pendampingan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat Lestari (PHBML) antara Pusat Standardisasi dan Lingkungan (PUSTANLING) dengan LSM Pendamping di Provinsi Jawa Timur

2014/03/03 - 01:45 pm

Pustanling-Surabaya, Pada tanggal 24 Februari 2014 bertempat di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur telah dilakukan penandatanganan MoU fasilitasi kegiatan PHBML antara Ibu Dr. Ir. Nur Masripatin, M.For.Sc selaku Kepala Pusat Standardisasi dan Lingkungan Kementerian Kehutanan dengan Bapak Yudi selaku  Ketua LSM PARAMITRA Malang dan Bapak Nasrah selaku Ketua LSM PERSEPSI, dengan disaksikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Pasuruan, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Mojokerto, wakil dari Dinas Kehutanan Kab. Malang dan Kab. Jember serta dihadiri Kepala BP2HP Wilayah VII Surabaya, Balai Besar KSDA Jawa Timur, BPDAS Brantas Jawa Timur dan pejabat di Lingkup Dishut Provinsi Jawa Timur.



Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Penerap SNI

2014/02/28 - 10:28 am

Pustanling-SurabayaPusat Standardisasi dan Lingkungan Kementerian Kehutanan telah menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Penerap SNI pada tanggal 23-26 Pebruari 2014 di Surabaya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 peserta wakil dari Direktorat Iuran Kehutanan dan Peredaran Hasil Hutan BUK, Pusat Pengendalian Pembangunan Kehutanan Regional Wilayah II, Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Balai Pengelolaan DAS, Balai Litbang Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu, dan Dinas Kehutanan Provinsi lingkup Jawa-Bali-NTB-NTT dan Dinas Kehutanan Kabupaten wilayah Jawa Timur.



Diseminasi Penerapan SNI Sektor Kehutanan

2014/02/28 - 09:22 am

Pustanling-JakartaPusat Standardisasi dan Lingkungan Kementerian Kehutanan telah menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Penerapan SNI Sektor Kehutanan pada hari Selasa, tanggal 18 Pebruari 2014 di ruang Sonokeling. Bapak Sekretaris Jenderal membuka dan memberikan arahan mengenai “Pentingnya Penerapan SNI Sektor Kehutanan dalam Peningkatan Daya Saing” menyongsong pemberlakuan ASEAN Economic Community  (AEC) tahun 2015. Dalam arahannya, Sekretaris Jenderal menekankan peran penting penerapan SNI Sektor Kehutanan dalam menghadapi perdagangan sebagai upaya pengamanan pasar domestik dan meningkatkan daya saing.



Penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI) Tahun 2014 oleh Kepala BSN

2014/02/18 - 02:54 pm

Pada awal tahun 2014 BSN telah menetapkan 6 judul SNI Sektor Kehutanan, yang dirumuskan pada tahun 2013. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) BSN Nomor 07/KEP/BSN/1/2014 ditetapkan sebanyak 3 judul SNI dari Panitia Teknis 65-01 Pengelolaan Hutan, sedangkan SK BSN Nomor 08/KEP/BSN/1/2014 ditetapkan sebanyak 3 judul SNI dari 79-01 Hasil Hutan Kayu.



Rendahnya Kesadaran Pemegang Izin dalam Melaporkan Pelaksanaan Kegiatan Kelola dan Pantau Lingkungan

2014/01/13 - 01:30 pm

Judul di atas merupakan salah satu kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan Workshop Implementasi Pengelolaan Lingkungan dan Pemantauan Lingkungan yang dilakukan oleh Pusat Standardisasi dan Lingkungan (Pustanling) di dua kota, yaitu Jambi dan Balikpapan, pada tanggal 10 Desember dan 18 Desember 2013. Workshop diikuti oleh peserta dari perwakilan unit manajemen pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) Hutan Alam dan Hutan Tanaman, pemegang izin pinjam pakai kawasan hutan, BLHD Provinsi/Kabupaten, Dinas Kehutanan Provinsi/Kabupaten, UPT Kementerian Kehutanan, dan LSM. Kegiatan ini juga menghadirkan para narasumber dari Pustanling dan Perguruan Tinggi setempat yaitu PPLH Universitas Jambi dan PPLH Universitas Mulawarman.



Pertemuan Nasional II Jejaring Kerja Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, dan Lembaga Pendidikan Terkait Hutan Dan Perubahan Iklim, 27 dan 28 Desember 2013

2013/12/27 - 03:13 pm

Selama tahun 2013 telah dilakukan fasilitasi pembentukan Jejaring Kerja (Network) Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, dan Lembaga Pendidikan yang menangani atau tertarik untuk menangani penelitian dan/atau pendidikan di bidang hutan dan perubahan iklim, di empat region yaitu : (1) Kalimantan-Sulawesi-Maluku-Papua; (b) Bali-Nusa Tenggara, (c) Sumatera, dan (d) Jawa. Masing-masing region telah menyusun program kerja termasuk pengelolaan "network". Pembentukan “NETWORK” ini dimaksudkan untuk mmperkuat SDM dan institusi Lembaga pendidikan dan Lembaga Penelitian serta meningkatkan koordinasi, konsistensi, dan koherensi program-program dan kegiatan terkait hutan dan perubahan iklim. Melalui "network" ini pula diharapkan peran lembaga-lembaga di atas sebagai "think tank” dan “hub-informasi/komunikasi” hasil-hasil penelitian dan pelaksanaan pendidikan di bidang hutan dan perubahan iklim dapat ditingkatkan, agar setiap pengambilan keputusan di bidang ini tersedia dukungan ilmiah yang kuat.



Wokshop Dalam Rangka Penyiapan Submisi REDD+ dan LULUCF, 27 Desember 2013

2013/12/27 - 03:01 pm

Dalam rangka mengkomunikasikan lebih lanjut hasil COP-19/CMP-9 serta menjaring masukan untuk submisi REDD+ dan LULUCF, dari para ahli, Kementerian/Lembaga dan stakeholders terkait, Pusat Standardisasi dan Lingkungan menyelenggarakan workshop sehari di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2013.



Workshop Sosialisasi Pembangunan Sistem Informasi Pelaksanaan Safeguards REDD+ dan Ujicoba Alat Penilai pada Sistem Informasi Pelaksanaan Safeguards (SIS) REDD+ di Tingkat Sub Nasional, Jambi, 10-11 Desember 2013

2013/12/23 - 11:26 am

Dalam rangka mengetahui perkembangan implementasi dokumen SRAP REDD+ dan menjajagi pengembangan Sistem Informasi Safeguards REDD+ di Provinsi Jambi, Pustanling dalam kerangka kegiatan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi menyelenggarakan “Workshop Sosialisasi Pembangunan Sistem Informasi Pelaksanaan Safeguards Redd+ Dan Ujicoba Alat Penilai Pada Sistem Informasi Pelaksanaan Safeguards (SIS) REDD+ Di Tingkat Sub Nasional” di Jambi 10 dan 11 November 2013.

 



Workshop Pembentukan Kelembagaan (POKJA) dalam Kerangka Pengaturan Institusi dan Regulasi Penanganan Perubahan Iklim dan Implementasi REDD+ di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Sijunjung, 16 Desember 2013

2013/12/23 - 10:37 am

Dalam rangka fasilitasi penyiapan daerah (kabupaten/ kota) menuju implementasi REDD+ diperlukan peningkatan pemahaman, pembentukan kelembagaan serta peningkatan kapasitas para pihak/  stakeholder,  Pusat Standardisasi dan Lingkungan (Pustanling) melalui kerjasama dalam kerangka Forest Carbon Partnership Facility – World Bank, dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak) menyelenggarakan Workshop Pembentukan Kelembagaan (POKJA) dalam Kerangka Pengaturan Institusi dan Regulasi Penanganan Perubahan Iklim dan Implementasi REDD+ di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat.



Pencarian



Hit Counter

Jumlah Pengunjung : 41612